welcome to my blog

welcome to my blog,,,

Wednesday, October 5, 2011

sumber daya manusia pada perekrutan tenaga kerja

Dalam dunia bisnis di indonesia baik perusahan kecil maupun perusahaan besar tidak luput dari tenaga kerja. perusahaan akan berkembang dinilai dari bagaimana tenaga kerja mengembangkan perusahan tersebut.

Oleh karena itu, perusahan harus pintar pintar memilih tenaga kerja sesuai dengan bidang keahlian agar sebuah perusahaan tersebut dapat mengembangkan para tenaga kerja dalam usaha mewujudkan eksistensinya, yang terarah pada pencapaian tujuannya.

banyak sebagian tenaga kerja di Indonesia yang memiliki keahlian / skill yang lebih  memilih bekerja tidak sesuai dengan bidangnya dikarenakan sempitnya lahan pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimiliki atau diiming-iming dengan gaji besar oleh sebuah perusahaan.

maka dari itu, diperlukannya pengrekrutan suatu tenaga yang lebih stabil dengan adanya  kegiatan manajemen sumber daya manusia yang tidak terlepas pada prosedur-prosedur dan skill yang ada. Dengan kata lain rekrutmen tidak dapat dilepaskan kaitannya dengan deskripsi dan spesifikasi pekerjaan atau jabatan sebagai hasil analisis pekerjaan atau jabatan yang memberikan gambaran tentang tugas-tugas pokok yang harus dikerjakan sesuai dengan bidang para tenaga kerja

Rekrutmen tidak hanya penting bagi perusahaan saja, rekrutmen merupakan proses dua arah. Pelamar menghendaki informasi yang akurat mengenai seperti apakah rasanya bekerja didalam perusaan yang bersangkutan, perusahaan juga sangat menginginkan informasi yang akurat tentang seperti apakah pelamar jikalau kelak dia diangkat jadi pegawai. Pelamar maupun perusahaan saling berkirim sinyal tentang hubungan kepegawaian. Para pelamar mununjukkan bahwa mereka adalah calon-calon yang dan harus mendapat tawaran kerja.

referensi : http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2011/05/26/manajemen-sdm-%E2%80%9Crekrutmen%E2%80%9D/

No comments:

Post a Comment