welcome to my blog

welcome to my blog,,,

Wednesday, October 5, 2011

Tanggung Jawab Sosial pada Perusahan

Tanggung jawab sosial pada perusahan adalah suatu konsep bahwa suatu perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap kesejahteraan tenaga kerja, komunitas dan operasional perusahaan bahkan lingkungan disekitar perusahaan. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan )

Tanggung jawab soaial perusahaan kini semakin banyak diterapkan diberbagai perusahan diduniakarena sangat menyentuh pada kesejahteraan bisnis dunia bahkan dapat diistilahkan sebagai "jantung dari sebuah bisnis perusahaan". Tetapi untuk saat ini tanggung jawab sosial tersebut masih belum dikatakan stabil pada masyarakat. baik pada perusahan maupun pada lingkungan masyarakatnya juga. misalnya kita ambil sebuah contoh tatkala sebuah pabrik berdiri di tengah-tengah pemukiman warga sungguh sebagian kecilnya dapat merugikan lingkungan masyarakat sekitar apabila pabrik tersebut membuang limbahnya sembarangan. oleh karena itu diperlukannya timbal balik dari perusahan terhadap lingkungan masyarakat dengan diberikannya kesejahteraan pada masyarakat sekitar. namun tatkala ada pula pada masyarakat tersebut menjadikan tanggung jawab sosial ini menuntut perusahaan sebagai tindakan untuk memeras perusahan ini sehingga banyak kerugian dari perusahan tersebut untuk dapat mengatasinya.

oleh karena itu, belum bisa dikatakan efektif untuk menjalankan tanggung jawab sosial pada sebuah perusahaan jikalau dari kedua belah pihak saling merugikan satu sama lain. tetapi pabila ada kesadaran dari kedua belah pihak antara lingkungan masyarakat dan perusahaan maka keduanya akan saling membantu menemukan solusi yang ada. karena perusahaan akan di tungtut dengan pasal perundang-undangan  PT No. 40 Tahun 2007 yang belum lama ini disahkan DPR. Disebutkan bahwa PT yang menjalankan usaha di bidang dan/atau bersangkutan dengan sumber daya alam wajib menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan (Pasal 74 ayat 1).

referensi : http://www.tekmira.esdm.go.id/currentissues/?p=303

No comments:

Post a Comment